Saluran PHB Pisangan Lama II Dinormalisasi

By Admin


nusakini.com-Jakarta-Saluran Penghubung (PHB) Jalan Pisangan Lama II, RW 02, Kelurahan Pisangan Timur, Pulogadung, Jakarta Timur dinormalisasi, Kamis (10/1). Genangan kerap terjadi saat hujan akibat banyaknya sedimen di saluran tersebut. 

Satu unit alat berat dikerahkan untuk mengeruk sedimen di saluran yang memiliki lebar rata-rata 1,2 meter. Pengurasan juga melibatkan 30 anggota Satgas Sumber Daya Air (SDA) kecamatan dan Sudin SDA Jakarta Timur.

Kasatgas SDA Kecamatan Pulogadung, Indra mengatakan, pengerukan dilakukan karena di saluran tersebut banyak material sisa penertiban yang digelar akhir tahun lalu. Kemudian juga banyak terdapat lumpur yang menjadi sedimentasi. 

"Kami targetkan rampung dalam dua minggu ke depan. Lalu nanti dipasang beton u-ditch. Panjang saluran yang dinormalisasi sekitar 440 meter dengan lebar rata-rata 1, 2 meter," tandasnya. 

Diharapkan dengan normalisasi ini, saluran dapat menampung debit air yang lebih banyak dan aliran air ke Kali Kinanta bisa kembali normal tanpa hambatan.(p/ab)